5 Kuliner Unik Khas Bali yang Harus Anda Tahu


Selain memiliki keindahan alamnya, budaya serta adat istiadat Bali juga memiliki berbagai macam kuliner unik yang tidak bisa ditemukan ditempat lain. Yang membedakan masakan bali dan masakan indonesia yang lainnya adalah bumbu rempahnya yang begitu khas penyajian serta cita rasanya yang sungguh menggoda.

Teringat saat saya pertama kali mengenal masakan bali dari chef saya sekitar tahun 2010 dia menjelaskan mulai dari bumbu sampai cara membuatnya, lalu saya praktekan resep yang diberikan serta sambil dipandu chef saya setelah jadi dan saya coba rasanya begitu khas terasa dilidah saya, rempahnya begitu terasa sulit diungkapkan dengan kata-kata .

Bumbu genap adalah bumbu dasar masakan bali terdiri dari rempah-rempah yang dichop halus kemudian di tumis sampai harum berbeda dengan bumbu yang biasanya kita masak di blender atau diulek dan bertekstur halus.

Nasi Campur Khas Bali
Nasi Campur Khas Bali

Ada banyak kuliner unik khas Bali namun saya tidak bisa menyebutkan semuanya disini diantaranya:

1. Lawar Ayam
Write recipe photo description here

Yaitu olahan sayuran khas bali mirip urap dari jawa  berbahan dasar kacang panjang,toge,kelapa parut & daging ayam disuir ditambah bahan lain seperti cabe dan jeruk nipis menjadikan hidangan ini begitu nikmat

Baca juga :  Mudahnya Membuat Lawar Ayam Khas Bali Rasanya Bikin Nagih

2.Gedang Mengkuah

Adalah sup khas bali berbahan dasar pepaya muda rasanya yang pedas dengan bumbu terdiri dari bawang merah,bawang putih cabe merah,jahe,lengkuas,sereh,kunyit,dan daun jeruk cocok dihidangkan bersama nasi panas

3.Sate Lilit
Write recipe photo description here

Sate yang unik ini tidak dapat anda temukan di daerah lain di Indonesia , sate lilit berbahan dasar ikan yang digiling kemudian dibumbui dengan bumbu genap ditambahkan irisan daun jeruk kemudian dililitkan kebatang sereh kemudian dibakar,  aroma satenya begitu khas bercampur rempah dan wangi batang sereh karna proses pemanggangan.

Sate lilit biasanya ada dua macam yaitu bila sate lilit ikan dililitkan kebatang sereh sedangkan sate lilit ayam dililitkan kebatang tebu .
4.Bebek Betutu

Bebek betutu sangat terkenal dan masakan yang wajib dicoba saat anda berkunjung ke Bali , berbahan dasar bebek dibumbui dengan bumbu genap kemudian dibungkus dengan daun pisang dan pelepah pohon pinang dimasak dengan cara dipendam pada  bara dari kulit/gabah padi dengan waktu yang sangat lama , namun anda bisa mengunakan open untuk cara yang lebih mudah

5.Sambal Matah
Write recipe photo description here

Rasanya pedas dan segar dilidah juga begitu nikmat sekali , sambal matah adalah sambal khas Bali tidak seperti sambal umumnya yang dimasak sambal matah adalah sambal mentah yang terdiri dari irisan bawang merah,irisan batang sereh,irisan daun jeruk,irisan cabe,rawit ditambah terasi bakar,minyak dan jeruk limo yang membuat sambal itu sangat berbeda.

Sambal matah biasanya dijadikan pendamping masakan bali misal: sate lilit ikan,sate lilit ayam ,bebek betutu dan ikan bakar.
Itulah masakan Bali yang khas dan unik, bila anda penasaran dengan kuliner unik masakan Bali anda bisa mencoba di restoran khas Bali atau buat sendiri dirumah untuk saat ini saya hanya membahas sekilas masakan Bali,bila tidak ada halangan saya akan memposting resep masakan Bali yang bisa anda coba dirumah.


Fuad Hasyim
Fuad Hasyim Saya sebagai Chef yang suka Blogging dan Internet Media, saya akan berkenan menjawab semua pertanyaan seputar dunia kulineri di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "5 Kuliner Unik Khas Bali yang Harus Anda Tahu"