Mengenal Sambal Matah Pendamping Sate Lilit dan Hidangan Utama Lainnya Khas Bali


Sambal Matah Pendamping Masakan Khas Bali
Copyright-picture-heytheresia.com

Topkoky.com- Bali terkenal akan budayanya yang unik serta pemandangan alamnya yang indah dan menakjubkan, mulai dari laut, gunung dan budayanya menjadikan Bali bak magnet yang menyedot perhatian seluruh dunia, bahkan saking terkenalnya orang luar tidak tahu bahwa Bali adalah Indonesia.

Selain itu Bali juga memiliki hidangan khas yang tidak akan kita dapatkan ditempat lainnya, kalau anda suka mengunjungi Bali anda pasti tahu sambal matah khas Bali yang pedas tapi nikmat biasanya dijadikan sebagai pendamping untuk sate lilit ikan dan ayam, juga sebagai pendamping hidangan utama khas Bali lainnya misal bebek betutu, ikan bakar, dan sebagainya.
Bahan dasar samal matah terdiri dari irisan bawang merah, batang sereh, cabe rawit, daun jeruk, dan terasi ada juga yang ditambahkan bunga kecombrang, samabal matah dihidangkan mentah atau tidak dimasak .

Bagi yang penasaran belum pernah merasakan sambal matah khas Bali berikut resepnya dari topkoky semoga bisa mengobati rasa penasaran anda.

Beri nilai resep ini


Write recipe photo description here

Berikut bahan-bahan dan cara membuat sambal matah khas Bali yang wajib dicoba, untuk lebih jelasnya silahkan baca resepnya dengan baik-baik.

Bahan-bahan :
  • 18 buah bawang merah iris halus
  • 7 batang sereh buang bonggol dan kulit luarnya ambil bagian tengahnya saja iris halus
  • 18 buah cabe rawit merah iris halus
  • 7 lembar daun jeruk purut iris halus
  • 4 buah jeruk limo ambil airnya
  • 1/2 keping terasi udang
  • 60 mil minyak goreng
  • Garam dan gula secukupnya
Cara membuat sambal matah khas Bali:

  1. Sebelum diiris cuci terlebih dahulu semua bahan, setelah semua bahan-bahan dipotong masukan kedalam bowl stainless sisihkan terlebih dahulu
  2. Panaskan wajan dengan api sedang kemudian tuang minyak masukan terasi udang yang sudah diremukan masak sampai wangi
  3. Tuang minyak bersama terasi udang kedalam bahan sambal matah
  4. Tambahkan garam dan lada jangan lupa tuang air perasan jeruk limo aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata
  5. Sambal matah siap dihidangkan
Demikian informasi seputar Masakan Khas Bali dan resep sambal matah yang wajib dicoba bagi pecinta sambal, rasanya yang pedas dan segar sambal matah layak dijadikan menu pendamping untuk makan siang anda tentunya

Ikuti terus topkoky dan dapatkan informasi terbaru tentang dunia kuliner beserta resep menarik yang sayang untuk dilewatkan oleh pembaca topkoky.
Fuad Hasyim
Fuad Hasyim Saya sebagai Chef yang suka Blogging dan Internet Media, saya akan berkenan menjawab semua pertanyaan seputar dunia kulineri di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Mengenal Sambal Matah Pendamping Sate Lilit dan Hidangan Utama Lainnya Khas Bali"