Masakan Cina, Tumis Brokoli dengan Jamur Shitake


tumis Brokoli Khas Masakan Cina

Tumis brokoli dengan jamur shitake adalah menu favorit di Restoran Cina Selain nikmat juga menyehatkan, cita rasa brokoli dengan rasa yang khas dipadu bumbu ala cina menjadikan menu ini pantas dihidangkan untuk acara keluarga besar baik pesta kecil maupun besar maupun hanya sekedar untuk dijadikan menu siang anda.

Padukan brokoli dan jamur shitake dengan saus tiram, kali ini saya mengunakan jamur shitake kering alasan saya memakai jamur shitake kering adalah karna daya tahannya kuat sampai 2 bulan berbeda dengan jamur shitake fresh yang tidak tahan lama, taruh di toples jamur shitake kering suatu saat saya butuh tinggal rendam kemudian rebus dan olah .

Pilihlah brokoli yang masih segar dan berwarna hijau, perlu hati-hati mengolah sayuran ini karna sering saya temui ulat hijau yang menempel dalam sela-sela brokoli, cara mudah menghilangkan brokoli dari ulat dengan dua cara yang harus dilakukan, sebelum dipotong rendam dulu brokoli dalam air garam selama 10 menit kemudian potong brokoli sambil dengan hati-hati periksa selah-selah brokoli biasanya telur ulat hijau menempel kuat dibrokoli walaupun ulat akan turun kebawah air setelah terkena air garam .

Cara terbaik untuk mempertahankan warna brokoli agar terlihat segar adalah dengan merebus sebentar atau blanch untuk lebih jelasnya klik tips dari topkoky dibawah ini:


Jamur shitake kering tidak bisa langsung dipakai perlu proses perendaman dan perebusan, caranya rendam jamur shitake selama 4 jam setelah itu rebus dengan air mendidih selama 1 jam dengan posisi panci tertutup agar jamur shitake matangnya rata.

Kali ini Topkoky berkreasi menggunakan brokoli dengan jamur shitake menjadi masakan ala Cina yang nikmat juga sehat silahkan baca resepnya baik-baik.




Resep Tumis Brokoli dan Jamur Shitake 
  • Portion: 3 porsi
  • Preparation:
  • Waktu memasak:
  • Author: Fuad Hasyim
Bahan Tumis Brokoli dan Jamur Shitake
  1. Brokoli 320 gram Jamur 
  2. shitake 8 pcs yang sudah direndam dan direbus dipotong slice tipis 
  3. 3 siung bawang putih dicincang halus
  4. 1 sendok makan soy sauce 
  5. 1 sendok makan saus tiram
  6. 1/2 sendok teh minyak wijen 
  7. 1 sendok teh gula 
  8. 1/2 sendok teh lada putih
  9. 1 sendok teh tepung maizena larutkan dengan 2 sendok makan air bersih
Cara Membuat Tumis Brokoli dan Jamur Shitake
  1. Pertama panaskan air hingga mendidih kemudian rebus sebentar brokoli angkat dan masukan kedalam air es kemudian tiriskan dan sisihkan
  2. Tumis bawang putih dan jamur sebentar tambahkan air
  3. Masukan semua bahan saus, masak hingga mendidih
  4. Masukan tepung maizena yang sudah dilarutkan dengan air, masak sambil diaduk-aduk sampai mengental 
  5. Taruh dan tata brokoli dipiring saji, siram saus jamur diatasnya
  6. Brokoli dan jamur shitake siap dihidangkan
Tumis Brokoli bisa anda tambahkan dengan taburan biji wijen yang telah disangrai selain menambah menarik penampilan juga rasanya semakin kaya. Hidangan ini paling nikmat disantap dadakan artinya setelah dimasak langsung dihidangkan .

Baca juga:  Resep Capcay Kuah Spesial dan Cara Membuat Capcay yang Enak

Bila menggunakan jamur shitake fresh belilah sesuai kebutuhan karna jamur ini tidak tahan lama untuk menekan cost tentunya, bijaklah menggunakan bahan makanan jangan terlalu lama menyimpan sayuran dalam kulkas selain merusak rasa juga menghindari pembusukan karna kalau terlalu banyak kita menaruh sayuran dikulkas kadang kita bingung apa yang harus dimasak.

Demikian resep tumis brokoli dengan jamur shitake dimasak dengan gaya oriental, bila anda anggap resep ini bermanfaat silahkan share dan koment dibawah postingan ini.

Fuad Hasyim
Fuad Hasyim Saya sebagai Chef yang suka Blogging dan Internet Media, saya akan berkenan menjawab semua pertanyaan seputar dunia kulineri di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Masakan Cina, Tumis Brokoli dengan Jamur Shitake"