0 Comment

Cara merebus sayuran agar terlihat menyegarkan tentu bukanlah hal yang sulit bagi seorang koki professional, jika anda suka makan di Restoran atau hotel berbintang anda akan disuguhkan hidangan bukan hanya hidangan yang enak dilidah tapi juga enak dipandang mata, kunci untuk memuaskan konsumen adalah dimulai dari mata terlebih dahulu sehingga saat konsumen melihatnya akan menimbulkan kesan dan menilai enak tidaknya suatu hidangan barulah konsumen mencoba dan mencicipinya.

Memasak hidangan yang sempurna bukan hanya soal memasak,siapkan lalu hidangkan kekonsumen tapi dibutuhkan seni dan penampilan yang menjadi penilaian sehingga konsumen akan terus berkunjung dan menikmati makanan anda.

Hal yang paling mendasar dan seringkali kita abaikan adalah warna pada sayuran, terlihat kusam dan tidak menarik sehingga kita tak selera untuk mencicipinya, dari pengalaman saya selama kerja di Restoran saya belajar banyak bagaimana membuat warna pada sayuran agar tetap terlihat hijau dan segar tentunya.

Sayuran terdiri dari umbi, batang hingga daun memiliki tingkatan yang berbeda juga karekteristik yang berbeda juga memiliki tingkat kematangan yang berbeda namun tehnik agar warna tetap segar itu sama menggunakan satu cara kalau orang Restoran menyebutnya di blanch artinya merebus sayuran dengan waktu yang singkat sekitar 1 menitan  untuk menghasilkan warna sayuran yang sempurna , biasanya sayuran yang direbus sebentar dijadikan bahan untuk salad,pecel atau sebagai pendamping menu utama untuk lebih jelasnya silahkan baca tips dari Topkoky dibawah ini.

Tips Merebus Sayuran Supaya Warnanya menarik

Cara Merebus Sayuran yang Benar yang Berpengaruh Terhadap Warna Sayuran
  1. Pertama cuci terlebih dahulu sayuran sebelum direbus
  2. Siapkan air mendidih, air harus benar-benar mendidih
  3. Lalu masukan Sayuran rebus Sebentar kemudian angkat 
  4. Masukan segera sayuran yang telah direbus kedalam air es
  5. Angkat lalu tiriskan 
Cara Merebus Sayuran Beda Warna
  1. Usahakan sayuran yang berwarna putih terlebih dahulu yang direbus misal, toge dan bunga kol baru sayuran berwarna hijau misal buncis, bok choy, sawi dan sebagainya
  2. Untuk jenis sayuran yang warnanya larut seperti beet root dan buah nangka usahakan jangan pernah dicampur karena meninggalkan warna yang keruh pada air
Lama Merebus Sayuran

Lama merebus Sayuran dibedakan berdasarkan jenis sayuran bila sayuran yang termasuk akar dan umbi-umbian misal wortel, kentang lebih lama waktu merebusnya dibandingkan dengan sayuran yang termasuk jenis sayuran daun atau batang misal toge, daun melinjo dan sebagainya .
Jika kita buat sebuah grafiknya kita bisa membuat urutan lama merebus sayuran yaitu: sayuran akar-akaran dan umbi-umbian lebih lama daripada batang dan  batang lebih lama daripada daun.

Cara yang Salah Merebus Sayuran
  1. Merebus menggunakan air yang belum mendidih sehingga menyebabkan sayuran menjadi kusam
  2. Terlalu lam merebus sayuran/ over cook sehingga sayuran menjadi layu
  3. Tidak menambahkan air es , air es berfungsi untuk menghentikan proses pematangan pada sayuran setelah diangkat dari air rebusan.
Demikian tips merebus sayuran dari topkoky semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu anda silahkan komentar dibawah artikel atau bila anda menganggap artikel ini bermanfaat silahkan share keteman terdekat anda.
loading...

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!!

 
Top