0 Comment

Makanan junk food adalah makanan oleh para ahli Nutrisi harus dihindari karna memiliki banyak dampak negatif dan sedikit manfaat hanya memuaskan lidah dan perut saja, ini merupakan dilema bagi masyarakat perkotaan khususnya ibukota Jakarta, dengan segala kesibukan kerja dan memiliki waktu sedikit untuk memasak dirumah serta kebiasan buruk dan malas sehingga seringkali masyarakat perkotaan memilih cara instan dalam berbagai aktifitas mulai dari belanja online hingga urusan perut jangankan memasak mereka untuk membeli masakan instan pun mereka tidak sempat keluar rumah memakai jasa gojek,delivery dan sebagainya.

Bahaya Makanan Junk Food Bagi Kesehatan
Hamburger termasuk makanan junk food

Kebiasan buruk pola hidup menambah suram peringkat kesehatan perkotaan selain tingkat kriminalnya yang terbilang tinggi, untuk sebagian orang mungkin tidak terlalu paham apa itu junk food dampak negatifnya, saya pribadi memang mengakui makanan junk food itu lebih nikmat, gurih dan tidak perlu repo-repot memasak dirumah.


Apa itu makanan junk food?

Junk food adalah makanan yang memiliki kandungan gizi yang sedikit, memiliki banyak lemak , tinggi garam, mengandung gula yang tinggi, rendah serat dan kalori tinggi serta termasuk makanan tidak sehat, untuk kata lebih extrim para ahli memanggilnya makanan sampah .


Daftar Makanan yang Masuk Dalam Kategory Makanan Junk Food

1. Makanan yang Berlemak dan Jeroan

Bagi para pembaca topkoky yang suka makanan yang berlemak misal Hamburger dan sebagainya.Sedangkan yang termasuk  jeroan mulai dari paru sapi, usus & babat sebaiknya anda harus menguranginya walaupun memiliki kandungan protein, vitamin dan mineral jeroan juga memiliki kadar lemak jenuh dan koletrol yang tinggi yang tidak bagus untuk kesehatan yang menimbulkan berbagai penyakit misal jantung koroner .

2. Makanan Berbahan Dasar Daging yang Telah diolah

Yaitu makanan olahan yang berasal dari daging baik daging ayam maupun daging sapi misal:  sosis ayam, sosis sapi dan sebagainya . Yang menyebabkan makanan ini berbahaya karna biasanya sering ditambahkan pewarna makanan dan pengawet serta mengandung garam nitrit yang dapat menyebabkan kanker.

3. Makanan yang Telah Diasinkan

Jenis makanan ini sering kita temui dan sering kita konsumsi misal: ikan asin, cumi asin dan sebagainya. Penyebab makanan ini masuk kedalam kategory junk food adalah karena kandungan garam yang sangat tinggi menyebabkan beban ginjal terlalu berat juga kandungan garam yang tinggi merusak selaput lendir lambung dan usus yang dapat menyebabkan radang lambung dan usus.

4. Makanan Dalam Kalengan

Adalah makanan yang dikemas dalam kalengan baik berubapa buah-buahan, daging, ikan misal: buah rambutan  kalengan, ikan dalam kalengan , daging kornet dan sebagainya. Dalam makanan ini kandungan gizi sudah berkurang dan sering menambahkan pengawet makanan juga menambahkan gula dalam jumlah tinggi dalam olahan buah-buahan yang kurang baik bagi kesehatan, yang menyebakan beban kerja pankreas lebih berat yang menyebabkan diabetes dan obesitas.

5. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng memiliki kandungan kalori yang tinggi dan kandungan lemak yang tinggi bila sering dikonsumsi setiap hari bisa menyebabkan dampak kurang bagus untuk kesehatan mulai dari penyakit jantung koroner, dan bisa menyebabkan kanker. contoh makanan gorengan yang tidak sehat, ayam goreng Kfc , jajanan gorengan pinggir jalan, french fries dan sebagainya.

Makanan yang Bisa Mengurangi Dampak Buruk Dari Junk Food

Hidup sehat adalah pilihan untuk mengurangi dampak buruk dari makanan junk food sebaiknya kita kembali kemakanan yang lebih alami dan sehat, sebaiknya anda mengkonsumsi buah- buahan yang masih segar, sayuran yang dimasak sendiri, perbanyak makan salad dan selalu biasakan membuat makanan sendiri selain lebih hemat juga lebih sehat.

Mulailah dari diri sendiri memulai hidup sehat bagi para pembaca yang menilai artikel ini berguna silahkan komentar dan share semoga kita selalu sehat dan terhindar dari berbagai penyakit dan menahan diri dari makanan junk food.



Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!!

 
Top