0 Comment
Setiap negara memiliki rempah-rempah khas yang tidak dimiliki oleh negara lain, hal ini dipengaruhi oleh iklim dan sumber daya alam yang dimiliki oleh setiap negara, seperti halnya masakan Indonesia kaya akan dengan rempahnya, negara Eropa juga memiliki rempah yang tidak dimiliki oleh negara kita.

Perbedaan yang paling mendasar berdasar apa yang telah saya ketahui tentang masakan dari berbagai negara yaitu; rempah khas Indonesia itu paling komplit yang terdiri dari daun, batang, umbi, hingga akar jenis rempahnya , sedangkan rempah ( herbs ) khas negara Eropa yaitu hanya berasal dari daun saja.


Kita seharusnya bersyukur dengan apa yang kita miliki semua ada disini, dan kita perlu ketahui dahulu negara Eropa memperebutkan rempah-rempah kita bahkan Belanda menjajah kita hanya demi rempah dan sumber daya alam yang kita punya.

Pada postingan kali ini topkoky akan membagikan sedikit informasi tentang apa saja rempah-rempah yang digunakan pada masakan Western, berikut daftarnya dibawah ini:

rempah-rempah masakan western

1. Rosemary

Berbentuk Segar maupun kering, Rosemary adalah salah satu rempah khas Eropa yang memiliki aroma sangat kuat dan saya bilang sangat menyengat kalau digigit rasanya agak pahit, rosemary digunakan pada olahan ayam, bebek dan daging serta untuk campuran saus , untuk menghilangkan bau prengus lamb chop anda bisa menggunakan rosemary sebagai rempahnya.

2. Oregano


Biasanya saya menggunakan oregano yang telah dikeringkan, oregano adalah rempah yang sering digunakan pada masakan khas Italia seperti untuk pizza, saos tomat khas italia dan juga sebagai bahan dressing salad khas Italia.


3. Dill

Aromanya yang harum dan segar dill biasanya berbentuk segar digunakan untuk olahan seafood sebagai penghilang bau amis ikan dan juga sangat cocok dijadikan garnish pada makanan untuk mempercantik penampilan hidangan yang anda buat.

4. Tarragon



Tambahkan tarragon pada hidangan seafood dan telur agar lebih istimewa, tarragon biasa saya gunakan dalam bentuk kering dan sering digunakan untuk rempah saus ala western.

5. Daun Basil

Salah satu rempah yang sangat saya sukai dan juga bermanfaat bagi kesehatan, sudah banyak basil segar yang dibudidayakan di Indonesia, pada masakan Western basil dijadikan sebagai campuran pada saus tomat dan toppingan pizza juga sebagai bahan dasar saus pesto  khas Italia.


6. Thyme

Thyme paling cocok dijadikan rempah untuk olahan unggas dan seafood biasanya berbentuk kering dalam kemasan botol plastik anda juga bisa menjadikan thyme sebagai rempah untuk sup.

7. Bay Leaf 

Bay leaf digunakan dalam masakan Western untuk herbs soup dan untuk berbagai macam saus terutama untuk saus yang menggunakan cream, bay leaf adalah daun salamnya Eropa namun bentuknya lebih kecil dan dijual dalam bentuk kering.

8. Daun Mint 

Mint selain menyegarkan pernapasan, mint sering kali digunakan untuk tambahan salad pada masakan Western dalam bentuk mint segar, anda bisa menambahkan mint sebagai garnish untuk dessert dan untuk campuran spa water agar lebih menyegarkan.

Demikian rempah-rempah Western yang sering saya pakai saat memasak masakan Western dan anda biasa membelinya di Supermarket terdekat, biasanya dalam keadaan kering dalam kemasan botolan.

Herbs Western yang paling saya suka adalah basil, kalau anda apa herb yang anda suka atau yang sering anda gunakan untuk memasak masakan ala western? silahkan komentar dibawah postingan ini.



Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!!

 
Top