Kreasi Pasta dengan Saus Pesto Ala Topkoky

Kreasi pasta dengan saus pesto sangat mudah dibuat anda bisa menggunakan berbagai macam pasta misal spaghetti, penne dan masih banyak lainnya. Pesto adalah saus yang berbahan dasar daun basil yang ditambahkan kacang mede, lemon dan minyak kemudian dihaluskan, asal muasal saus pesto berasal dari Italia, saus ini sangat terkenal dan sering dijadikan diberbagai hidangan mulai dari salad,soup hingga main course.

Hal yang perlu diperhatikan dalam saus pesto adalah pilihlah daun basil yang berkualitas baik dan segar , basil bisa kita beli di Supermarket dekat rumah anda karna biasanya kalau di pasar tradisional jarang sekali menemukan daun basil.

Resep Pasta dengan Saus Pesto
Pasta dengan Saus Pesto

Resep Fettucini Saus Pesto
  • Portion: 2 porsi
  • Preparation: 10 menit
  • Cooking time: Fuad Hasyim
Bahan-Bahan Fettucini Saus Pesto
  • 160 gram  pasta fettucini
  • 50 gram daun basil
  • 10 gram kacang mete
  • 2 siung bawang putih
  • 18 gram keju parmesan
  • 65 ml minyak zaitun
  • 1 iris jeruk lemon
  • 1/2 sendok teh garam
Cara Membuat Fettucini Saus Pesto
  1. Pertama rebus air hingga mendidih masak pasta fettucchine selama 10 menit  kemudian angkat & siram dengan air dingin tiriskan lalu beri sedikit minyak sisihkan 
  2. Cuci daun basil untuk menghilangkan kotoran tiriskan kemudian keringkan dengan tissue atau lap bersih
  3. Masukan semua bahan saus pesto kedalam blender kecuali keju parmesan dan irisan lemon
  4. Blender sampai halus setelah jadi taburkan ke pasta fettucchine
  5. Tambahkan sedikit air lemon aduk sampai tercampur rata
  6. Taburkan keju parmesan diatas pasta
  7. Pasta dengan saus pesto siap dihidangkan
Perbedaan Fettucini dengan Spaghetti

Perbedaan fettucini dengan spaghetti adalah hanya dalam bentuk saja sedangkan bahan dasarnya sama, fettucini berbentuk pipih panjang sedangkan spaghetti berbentuk panjang bulat.

Biasanya dalam merebus pasta fettucini sedikit lebih lama sekitardibandingkan merebus pasta spaghetti.

Saran dari topkoky kreasikan saus pesto dengan bahan lain misal dengan menambahkan sedikit cream menjadi creamy pesto sauce yang nikmat , anda bisa juga menambahkan tambahan lain kedalam pasta dengan menambahkan baby spinach atau lettuce sesuaikan dengan selera para pembaca Topkoky.

Pungsi lemon ditambahkan kedalam sauce adalah selain memperkaya rasa juga untuk menjaga warna saus pesto tidak mudah hitam,saus pesto tidak tahan lama sebaiknya langsung dihidangkan, jadi dalam membuat saus pesto jangan terlalu banyak atau buatlah dalam jumlah yang terukur kira-kira kelebihan atau tidak sayang kalau tidak dipakai.

Setelah membaca resep dari topkoky ini sebaiknya langsung dicoba dengan mempraktekan dirumah , rasanya lezat yang pas untuk dihidangkan bersama keluarga tercinta.


Fuad Hasyim
Fuad Hasyim Saya sebagai Chef yang suka Blogging dan Internet Media, saya akan berkenan menjawab semua pertanyaan seputar dunia kulineri di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Kreasi Pasta dengan Saus Pesto Ala Topkoky"