Resep Macaroni Panggang, Macaroni Muffin berbahan keju, susu dan Telur untuk Bekal Sekolah

Sebagai orang tua saya kadang merasa miris dan khawatir saat melihat jajanan anak kita disekolah banyak jajanan yang menurut saya tak layak untuk dikonsumsi, maaf bukan saya menyudutkan mereka yang berjualan namun ini realita yang kita hadapi, semakin saya mengerti kualitas kuliner dari pelatihan saat saya bekerja sebagai food handler semakin saya mengerti bahwa selama ini apa yang kita konsumsi jauh dari kata layak.

Alasan Kenapa Kita Harus Membuat Bekal Sekolah untuk Anak?

Pertama anak adalah titipan dan harus kita jaga dan itu merupakan kewajiban kita sebagai orang tua, menjaga anak itu dimulai dengan yang sangat vital selain pendidikan agama apa itu? yaitu makanan karna dengan apa yang dimakan akan menentukan masa depan seorang anak, lihat negara maju seperti jepang mereka menjaga betul makanan yang mereka berikan kepada anak-anak mereka dan jepang merupakan negara dengan tingkat konsumsi ikan tertinggi didunia sedang kita negara dengan luas lautan yang lebih luas dari jepang namun tingkat konsumsi dibawah negara jepang.

Kedua Jajanan anak disekolah jauh dari kata layak dan cenderung merugikan seperti saos sambal yang menggunakan saos yang tidak jelas mereknya dan bahannya apa, kalau ini terus-terusan dikonsumsi tidak baik untuk kesehatan anak dan mempengaruhi kecerdasan anak itu sendiri.

Dengan rasa kepedulian saya mengajak para orang tua untuk lebih berhati-hati saat membeli makanan diluar rumah kita harus melihat terlebih dahulu mereknya dan apakah sudah terdaftar di bpom kesehatan Indonesia.

Oleh karena rasa kemirisan diatas kali topkoky akan membagikan resep macaroni panggang sederhana yang cocok untuk dijadikan bekal sekolah anak, dipadu dengan Sayuran menambah nilai gizi pada hidangan ini yuk kita lihat resepnya.

resep macaroni panggang
 lustrasi: copyright-myfussyeater.com


Resep Macaroni Muffin Panggang
  • Porsi : 14 Pcs
  • Persiapan 20 : Menit
  • Waktu Memasak : 30 Menit
  • Author : Fuad Hasyim
Bahan-Bahan 
  • 300 gram macaroni lafonte 
  • 45 gram terigu
  • 45 gram mentega tawar / unsalted
  • 750 susu tawar / fresh milk
  • 150 gram kacang polong
  • 1/2 buah bawang bombai chop halus
  • 1/2 sendok teh pala parut
  • 50 gram keju chedar parut
  • 2 butir telur
  • Garam Secukupnya 
  • Lada Secukupnya
Bahan Pendamping 
  • 1 buah timun potong julien kira-kira sepanjang 2 ruas jari telunjuk
  • 1 buah paprika kuning potong julien
  • 2 buah wortel impor bersihkan kulitnya kemudian potong julien samakan dengan potongan timun
Cara membuat Macaroni Muffin Panggang untuk Bekal Sekolah
  1. Pertama rebus air sampai mendidih kemudian tambahkan sedikit garam dan minyak masukan macaroni
  2. Masak macaroni selama 10 menit angkat dan tiriskan kemudian beri sedikit minyak sisihkan
  3. Panaskan Saucepan kemudian masukan mentega hingga meleleh dan tumis sebentar bawang bombay masukan tepung terigu ke mentega
  4. Masak dengan api sedang aduk terus selama 2 menit kemudian tambahkan susu segar kedalam mentega masak sambil diaduk terus selama 7 menit atau sampai saus mengental
  5. Tambahkan keju chedar kedalam saus jangan lupa bumbui dengan garam  dan lada 
  6. Tambahkan parut aduk sebentar saus kemudian angkat biarkan sampai agak dingin
  7. Masukan Macaroni kedalam bowl stainless kemudian tuang dengan saus keju dan tambahkan kacang polong dan telur aduk sampai rata
  8. Bersihkan terlebih dahulu cetakan muffin dengan tissue kemudian beri sedikit minyak dan masukan adonan pasta macaroni
  9. Isi cetakan muffin sampai adonan habis
  10. Panaskan terlebih dahulu oven selama 10 menit dengan suhu 180 derajat 
  11. Oven selama 20-25 menit macaroni muffin atau sampai matang 
  12. setelah agak dingin keluarkan macaroni dari cetakan
  13. Tempatkan kedalam lunch box kemudian tambahkan potongan sayuran
Sangat mudahkan tidak perlu manjadi koki professional untuk membuat menu  ini cukup dengan membaca resepnya anda sudah bisa membuatnya dirumah dan anak kita terjaga kesehatanannya, karna makanan sehat adalah makanan yang kita buat dirumah .

Demikian Resep Macaroni Panggang berbahan keju, susu dan telur yang nikmat spesial untuk anak anda mudah dibuat, anda bisa memodifikasinya dengan bahan lain misal menjadi macaroni beef bacon, macaroni sosis dan sebagainya sesuaikan dengan selera para pembaca topkoky.
















Fuad Hasyim
Fuad Hasyim Saya sebagai Chef yang suka Blogging dan Internet Media, saya akan berkenan menjawab semua pertanyaan seputar dunia kulineri di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Resep Macaroni Panggang, Macaroni Muffin berbahan keju, susu dan Telur untuk Bekal Sekolah"