Resep Kepiting Saus Asam Manis Super Nikmat

kepiting jantan saus asam manis
kepiting saus asam manis

Topkoky.com - Kepiting adalah salah satu menu favorit bagi food lovers, bukan hanya nikmat tapi juga ada sensasi tersendiri saat memakan kepiting, menurut saya sensasi kenikmatan saat memakan kepiting adalah saat kita mencari daging kepiting diselah tulang kepiting yang keras, membongkarnya terus menggitnya adalah kenikmatan yang luar biasa.

Menu ini gampang-gampang susah didapet biasanya dijual ditenda warung seafood, harganya juga cukup lumayan mahal, kepiting yang biasa digunakan adalah kepiting jantan yang berukuran sedang satu kilo isi 3 kepiting, Biasanya kepiting dijual dalam keadaan hidup dan perlu kesabaran menunggu koki mengolah kepiting.

Bila anda ingin memasak sendiri kepiting dirumah pilihlah kepiting yang masih hidup usahakan kepiting dalam posisi terikat karna bisa berbahaya capitan sangat kuat, pernah saya dicapit kepiting jantan rasanya sakit banget, jadi perlu hati hati saat mengolah kepiting hidup.

Beri nilai resep ini


Write recipe photo description here

Berikut bahan-bahan dan cara membuat kepiting saus asam manis yang wajib dicoba, untuk lebih jelasnya silahkan baca resepnya dengan baik-baik.

Bahan-bahan :
  • 1 kg kepiting jantan isi 3 bersihkan kotorannya kemudian memarkan kakinya dengan palu
  • 1 buah lemon
  • 5 siung bawang putih
  • 8 sendok makan saus tomat
  • 50 gram nanas kupas blender halus
  • 200 ml air bersih
  • 3 1/2 sendok makan gula
  • garam secukupnya
  • 1 sendok makan tepung maizena larutkan dengan 2 sendok makan air
  • 400 ml minyak goreng
Cara Membuat :

  1. Pertama balur kepiting dengan dengan air jeruk lemon biarkan 10 menit
  2. Panaskan minyak kemudian goreng kepiting sampai kulitnya berwarna angkat dan tiriskan, sisihkan terlebih dahulu
  3. Tumis bawang putih sampai harum kemudian masukan air, saus tomat, nanas masak sampai mendidih masukan tepung maizena aduk-aduk
  4. Masak kembali kepiting dengan saus asam manis tambahkan garam, masak sambil disiram kepiting dengan saus aduk perlahan, masak sekitar 10 menit
  5. Angkat kepiting dari wajan dan tata dipiring kepiting saus asam manis siap dihidangkan
Demikian resep kepiting saus asam manis, bagi para pembaca topkoky yang belum bisa mengolah kepiting jantan hidup berikut vidio tutorial bagaimana mengolah kepiting.

Vidio tutorial mengolah kepiting hidup


Fuad Hasyim
Fuad Hasyim Saya sebagai Chef yang suka Blogging dan Internet Media, saya akan berkenan menjawab semua pertanyaan seputar dunia kulineri di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Resep Kepiting Saus Asam Manis Super Nikmat "