0 Comment

 Steak Ayam dengan Saus Jamur
Steak Ayam Saus Jamur
Topkoky.com - Steak adalah sepotong daging yang dimasak dengan cara dibakar dihidangkan panas dengan penyajian ala minute/ langsung dan diberi saus pendamping juga sayuran serta sumber karborhidrat seperti mashed potato ataupun kentang goreng .

Bahan dasar steak adalah daging berwarna merah seperti sapi juga bisa dibuat menngunakan daging unggas seperti ayam, biasanya steak yang berbahan dasar daging ayam menggunakan bagian dada ayam atau chicken breast sebagai bahan utamanya.


Jika kita sering berkunjung ke Steak House maupun Restoran Western lainnya yang menyediakan menu steak, kita akan akan menemukan berbagai jenis menu steak seperti rib eye steak, tenderloin steak, sirloin steak dan sebagainya disertai dengan berbagai macam sausnya.

Para pembaca topkoky juga bisa berkreasi dengan bahan yang lebih murah seperti steak ayam sebagai bahan alternatif tapi nikmat dan tak kalah enak dengan steak berbahan daging impor yang harganya cukup mahal.

Beri nilai resep ini


Write recipe photo description here


Berikut bahan-bahan dan cara membuat steak berbahan dasar daging dada ayam dengan saus jamur yang wajib dicoba, untuk lebih jelasnya silahkan baca resepnya dengan baik-baik.

 Bahan-bahan :
  • 600 gram dada ayam tanpa tulang potong slice tebal ( 100 gram per-pcs)
  • 1/2 sendok teh rosemary kering
  • 1/2 sendok teh thyme kering
  • 1 sendok makan mustard
  • Garam dan lada secukupnya
  • 60 ml minyak untuk memanggang
 Bahan saus jamur:
  • 100 gram jamur champignon potong slice
  • 1/2 buah bawang bombay dichop halus
  • 1 siung bawang putih dichop halus
  • 300 ml cream
  • 3 lembar bay leaves kering
  • Garam dan lada secukupnya
    Cara membuat steak ayam dengan saus jamur:
    1. Pertama aduk semua bahan bumbu untuk ayam didalam bowl stainless aduk rata setelah itu balurkan pada daging dada ayam sampai tercampur semua, kemudian taruh didalam kulkas selama 2 jam
    2. Sambil menunggu ayam dimarinasi dalam kulkas buat terlebih dahulu saus jamur, caranya tumis bawang bombai dan bawang putih hingga harum
    3. Tambahkan jamur slice tumis sampai layu kemudian tuang cream masak dengan api sedang
    4. Beri garam dan lada jangan lupa tambahkan bay leaves kering, masak sampai meletup kemudian angkat dan sisihkan
    5. Keluarkan daging dada ayam dari kulkas kemudian panaskan wajan anti lengket tuang sedikit minyak biarkan panas
    6. Kemudian letakan dada ayam diatas wajan anti lengket masak selama 5 menit kemudian balik dan masak kembali sampai matang kemudian angkat
    7. Hidangkan steak ayam dengan saus jamur yang creamy
    Yang harus diperhatikan dalam memasak ayam adalah jangan terlalu matang, tingkat kematangan dada ayam terbaik adalah masih juice atau daging ayam tidak kering karena terlalu lama memasak.

    Setelah steak ayam jadi harus segera dihidangkan karena bila terlalu lama teksturnya akan mengeras dan rasanya kurang nikmat, disetiap restoran seorang koki tidak berani memasak steak kalau tidak ada orderan mereka pasti memasaknya dadakan artinya setiap ada orderan steak baru dibuat tidak seperti rendang yang sudah dimask terlebih dahulu baru dihangatkan kalau ada orderan masuk .

    Posting Komentar

    Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!!

     
    Top