Resep Ikan Bakar Trakulu Bumbu Kuning


mengolah ikan bakar tarkulu dimasak dengan bumbu kuning
doc.topkoky

Topkoky.com - Ikan trakulu adalah ikan yang layak untuk dijadikan hidangan pesta pernikahan maupun pesta yang lainnya karna ikannya berukuran besar saya sengaja tidak memotongnya agar terlihat natural, anda perlu berhati hati saat memotong ikan trakulu karena tulangnya bertekstur keras.

Tekstur daging trakulu yang padat sangat nikmat dimasak dalam berbagai menu anda bisa membui dengan bumbu kuning, bumbu kecap, bumbu mentega dan lain sebagainya .Hal yang perlu diperhatikan saat mengolah ikan ini adalah sebelum membubui potong kerat dengan pisau kedua sisi ikan agar bumbu meresap kedalam daging ikan.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan resep ikan trakulu dengan bumbu kuning yang pernah saya buat pada minggu lalu untuk menu siang regular ditempat kerjaan saya, rasanya yang nikmat cocok banget bagi yang suka ikan dan pecinta kuliner seafood .

Beri nilai resep ini


Write recipe photo description here
Berikut bahan-bahan dan cara membuat ikan bakar trakulu dimasak dengan bumbu kuning yang wajib dicoba, untuk lebih jelasnya silahkan baca resepnya dengan baik-baik.  

Bahan-bahan :
  • 1 ekor ikan trakulu ukuran 3 kg per-ekornya iris setiap sisi ikan
  • 5 siung bawang putih
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1/2 sendok teh jinten bubuk
  • 6 lembar daun jeruk purut
  • 1 ruas jahe bersihkan kemudian iris-iris tipis
  • 3 sendok makan kunyit bubuk
  • 100 mil minyak
  • Garam dan lada secukupnya
  • 3 jeruk nipis potong menjadi 4 slice setiap satu jeruk nipis
Cara membuat ikan bakar  bumbu kuning:
  1. Pertama bersihkan terlebih sisik ikan kemudian iris bagian pinggirnya baluri dengan perasan jeruk nipis biarkan selama 10 menit
  2. Masukan semua bahan bumbu diatas kedalam blender kemudian blender sampai benar-benar halus janagn lupa tambahkan garam dan lada
  3. Lumuri ikan dengan bumbu halus yang sudah dibuat tadi lumuri sampai rata
  4. Temaptkan ikan dalam wadah kemudian tutup dengan plastick wrap diamkan dalam kulkas selama 2 jam agar bumbu meresap kedalam daging ikan
  5. Keluarkan ikan dari kulkas, kemudian bungkus ikan dalam almunium foil
  6. Susun ikan dalam tray oven
  7. Panaskan oven terlebih dahulu selama 10 menit kemudian panggang ikan selama 30 menit dengan suhu 160 derajat celcius
  8. Setelah matang buka bungkus almunium foil,  ikan bakar siap dihidangkan
Untuk menambah nikmat hidangan ini anda bisa menambahkan bumbu kecap atau dihidangkan bersama sambal matah khas bali maupun sambal korek yang super pedas,  anda bisa mengkreasaikannya dengan selera anda tentunya .

Demikian resep ikan panggang trakulu semoga bisa dicoba dan bermanfaat, ikuti terus topkoky dan dapatkan informasi seputar dunia kuliner yang sayang untuk dilewatkan tentunya.
Fuad Hasyim
Fuad Hasyim Saya sebagai Chef yang suka Blogging dan Internet Media, saya akan berkenan menjawab semua pertanyaan seputar dunia kulineri di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Resep Ikan Bakar Trakulu Bumbu Kuning"