Tutorial dan Resep Membuat Sosis Lengkap

olahan daging sapi


Sosis adalah salah satu makanan olahan berbahan dasar daging sapi dan daging ayam, berbentuk bulat panjang dijadikan sebagai hidangan utama maupun bahan pendamping, dalam masakan Western sosis sering dijadikan menu breakfast.

Bagaimana Cara Membuat Sosis Sendiri

Membuat sosis sangatlah mudah bisa dibuat oleh siapa saja asalkan tahu caranya dan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sosis mulai dari bahan dan alatnya, sosis buatan sendiri lebih sehat karena tidak ada penambahan bahan pewarna dan pengawet yang tidak bagus untuk tubuh.

Untuk kali ini saya akan menjabarkan satu-satu cara membuat sosis dalam bentuk tutorial semoga apa yang saya sampaikan ini berguna untuk para pembaca yang sedang mencari informasi tentang bagaimana cara membuat sosis dengan lengkap.

Sebelum kita melangkah ke resep sosis sebaiknya kita harus paham terlebih dahulu apa yang harus kita lakukan dan apa saja yang dibutuhkan selama proses membuat sosis

Berikut Bahan dan Alat yang Dibutuhkan untuk Membuat Sosis

Bahan Utama

  • Daging Ayam untuk Sosis Ayam

Untuk sosis ayam, gunakan daging ayam bagian dada untuk hasil yang lebih sempurna dan mudah untuk diolah.

  • Daging Sapi untuk Sosis Sapi
Untuk sosis sapi, gunakan daging cincang untuk memudahkan kita dalam proses pembuatan sosis.

  • Casing Selongsong Sosis Collagen ( bisa dimakan )

Casing sosis collagen adalah bahan kulit sosis yang sifatnya edible atau bisa dimakan sehingga sosis tidak perlu dikupas lagi, casing sosis collagen berwarna agak gelap dan pucet ukuran 16 - 28 mm.

  • Casing Selongsong Sosis Selulosa dan Polyamide ( tidak bisa dimakan)


Casing sosis selulosa dan polyamide adalah bahan kulit sosis non edible atau tidak bisa dimakan karena bahan dasarnya dari turunan plastik berwaran bening atau clear, sosis harus dikupas terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.


Alat untuk Membuat Sosis

  • Alat Pencetak Sosis


Cara memakai alat pencetak sosis manual sangat mudah tinggal memasukan daging sapi giling atau ayam kedalam cetakan kemudian diputar untuk mendorong daging keluar dari cetakan dan masuk kedalam  casing selongsong kulit sosis.

  • Steamer atau Kukusan

Kukusan digunakan untuk mengukus sosis yang sudah diikat, sesuaikan ukuran kukusan sesuai dengan panjang sosis yang diinginkan.

  • Mesin Penggiling Daging


Mesin penggiling digunakan untuk menghaluskan tekstur daging menjadi halus, sebelum digiling daging ayam maupun daging sapi harus sudah dipotong atau membelinya dalam bentuk cincang agar mempermudah dalam proses penggilingan.

  • Pisau Dapur




Pisau berfungsi untuk memotong dan mencincang bahan sosis sebelum ketahap penggilingan.

  • Talenan

Talenan berfungsi sebagai alas dan tempat memotong serta mencicang daging, usahakan setelah habis dipakai talenan harus dicuci sampai benar-benar bersih.

  • Tali Pengikat Sosis


Tali pengikat sosis berbahan katun digunakan untuk mengikat kedua ujung sosis, tali ini juga sering digunakan untuk mengikat daging dan ayam panggang.

  • Gunting


Gunting digunakan untuk memotong tali ikat sosis, dan memotong ujung sosis yang sudah diikat, gunakan gunting yang tajam agar hasilnya lebih sempurna dan mudah saat memotong.


Setelah kita tahu apa saja yang dibutuhkan selanjutnya kita ke tahap pokok yaitu cara membuat sosis sendiri, untuk lebih jelasnya berikut resep sosis dibawah ini, anda bisa mengganti daging sapi dengan daging ayam.

Beri nilai resep ini
Write recipe photo description here
Berikut bahan-bahan dan cara membuat sosis sapi yang wajib dicoba, untuk lebih jelasnya silahkan baca resepnya dengan baik-baik.

Bahan-bahan :
  • 2 kg daging sapi cincang
  • 250 gram tepung tapioka
  • 2 sendok teh royco sapi
  • 1 sendok teh gula pasir
  • 1 1/2 lada putih bubuk
  • 3 sendok teh garam
  • 10 siung bawang putih diblender halus dengan sedikit air
  • 1 sendok teh pala bubuk
Casing Sosis Selulosa
  • Ukuran 28 mm panjang 400 cm
Cara Membuat :
  1. Pertama masukan daging cincang kedalam wadah kemudian tambahkan bawang putih yang sudah dibelender dan semua bahan, aduk sampai tercampur rata
  2. Kemudian giling daging sapi yang sudah dibumbui sampai halus
  3. Sebelum adonan sosis dimasukan kedalam alat pencetak coba terlebih dahulu sedikit adonan dengan memasaknya di teflon kemudian ditest rasanya kalau sudah ok baru dimasukan kedalam alat alat pencetak
  4. Masukan adonan sosis kedalam alat pencetak jangan sampai terlalu penuh, kemudian masukan casing sosis pada ujung alat pencetak
  5. Putar alat pencetak manual sampai adonan keluar dan masuk kedalam casing, lakukan berulang sampai adonan sosis habis
  6. Ikat ujung sosis dengan tali pengikat kemudian ukur sosis sepanjang 15 cm kemudian putar casing sosis dan ikat kembali lakukan berulang sampai menjadi 19 bagian
  7. Potong ujung sosis yang sudah diikat dengan gunting kemudian tata sosis yang sudah dipotong kedalam wadah dan masukan terlebih dahulu kedalam lemari es agar tekstur sosis lebih kokoh
  8. Siapkan kukusan kemudian kasih air terlebih dahulu, tata sosis dalam tempet pengukus jangan terlalu penuh.
  9. Kemudian kukus dengan air mendidih selama 15 menit atau sampai matang
  10. Angakat dan dinginkan terlebih dahulu sosis yang sudah dikukus
  11. Sebelum dimasak dan dikonsumsi kupas terlebih dahulu kulit sosis
Catatan penting satu ikatan sosis jangan terlalu kencang agar saat dikukus adonan sosis tidak keluar dan pecah.

Komentar

Resep Banyak Dicari