0 Comment
Olahan ayam
Nugget adalah makanan olahan ayam beku dalam berbagai macam bentuk dan ukuran, cara memasak nugget yaitu digoreng kemudian disajikan dengan aneka saos, mulai dari saos tomat, saos sambal hingga saus tartar.

Asal muasal nugget berasal dari Amerika yang terkenal dengan Restoran cepat saji seperti KFC, AW dan sebagainya hingga menyebar ke seantero penjuru dunia termasuk Indonesia, proses pengolahan yang mudah serta dimasak praktis nugget menjadi salah satu makanan favorit terutama anak-anak.

Yang membedakan nugget dengan olahan ayam lain adalah nugget diolah setengah matang kemudian dikemas dan dibekukan, nugget yang beredar dipasaran baik di Supermarket maupun pasar adalah nugget ayam, dijual curah kiloan maupun dalam kemasan modern.

Bahan dasar nugget yaitu berupa daging ayam, tepung dan bumbu berikut daftar bahan dasar nugget sebagai berikut;

  • Bahan utama 
Dada ayam fillet adalah bahan utama nugget, digiling halus kemudian ditambahkan sedikit tepung kemudian dibumbui, pilihlah dada fillet ayam broiler sebagai bahan baku utama untuk dijadikan nugget.

  • Bumbu-bumbu



Selain bahan baku utama, bumbu-bumbu juga bahan yang tidak boleh terlewatkan dalam proses pembuatan nugget, untuk menambahkan rasa dan aroma, bumbu untuk membuat nugget terbilang sangat sederhana tidak seperti untuk membuat masakan olahan lainnya, bumbu dasar untuk nugget adalah berupa bawang putih, garam, penyedap rasa dan lada putih bubuk.

  • Bahan pelapis cair

Selain bahan baku utama dan bumbu-bumbu, nugget harus diberikan bahan pelapis cair berupa campuran tepung maizena, telur dan air atau hanya telur saja disesuaikan dengan kebutuhan, fungsi dari bahan pelapis cair adalah sebagai perekat untuk menyatukan nugget dan tepung roti.

  • Bahan pelapis kering



Terakhir adalah tepung roti atau bread crumb sebagai bahan pelapis kering nugget, bertekstur renyah berasal dari butiran roti yang sudah dikeringkan kemudian di giling kasar, dijual curah maupun dalam kemasan modern di Supermarket maupun toko biasa.

  • Alat yang dibutuhkan untuk membuat nugget 


Mesin penggiling sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan nugget, tujuannya agar tekstur daging ayam lembut dan mudah dibentuk, alat penggiling yang sering digunakan adalah food prosesor ukuran kecil untuk sekala rumahan, atau menggunakan mesin penggiling dan pencentak nugget otomatis untuk sekala massal seperti pabrik.

  • Cara penyimpanan nugget


Nugget adalah olahan makanan yang cepat rusak, dalam penimpanannya dibutuhkan alat untuk membekukan seperti frezer, suhu yang diharuskan untuk menyimpan nugget agar bertahan lama yaitu -18° Celcius, nugget dapat bertahan selama 3 bulan dalam keadaan beku.


Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan!!

 
Top