Tips Memasak Nasi Merah Berdasar Pengalaman Pribadi

cara memasak nasi merah
doc.topkoky

Nasi merah adalah nasi yang sering saya masak selain nasi putih disetiap hari untuk konsumen saya di tempat catering saya bekerja, alasan saya mengapa menulis tips memasak nasi merah?  saya ingin berbagi pengalaman kepada para pembaca topkoky tentang kendala apa saja saat memasak nasi merah yang belum anda ketahui.

Memasak nasi merah gampang-gampang susah dan butuh pengalaman memahami karakter dari nasi merah itu sendiri, jujur awal-awal saya memasak nasi merah sering gagal kadang kelembekan , kadang kekerasan, kurang matang atau ngates rasanya jengkel bukan kepalang bercampur rasa malu  itulah permasalahn yang sering saya alami.

 
Setelah beberapa kali mencoba akhirnya saya menemukan cara bagaimana memasak nasi merah dengan cara yang benar berdasar kegagalan saat memasak nasi merah, intinya kita harus mencoba dulu,  percobaan pertama gagal coba lagi, percobaan kedua gagal coba lagi, percobaan ketiga gagal banting tuh wajan hee bercanda ya, oke!!  langsung ke tips-memasak nasi merah berdasarkan pengalaman saya dibawah ini;

Tip-tips Memasak Nasi Merah
  1. Cuci bersih nasi merah minimal 3 kali pencucian saat mencuci biarkan gabah mengapung dan buang 
  2. Rendam terlebih dahulu nasi merah sebelum dimasak selama 1 jam
  3. Tambahkan jumlah air lebih banyak dari beras putih yang sering kita masak
  4. Tambahkan waktu memasak lebih lama dibandingkan dengan memasak nasi putih, saya selalu menambahkan waktu setengah jam lebih lama atau waktu memasak nasi merah selama 60 menit hasilnya lebih sempurna
  5. Setelah matang jangan biarkan nasi merah berada dalam rice cooker atau pemanas untuk waktu yang lama, saya selalu memindahkan nasi merah kedalam termos nasi, bila dibiarkan dalam rice cooker nasi merah akan keras dan kurang enak untuk dimakan
Demikian tips memasak nasi merah dengan segala permasalahannya, semoga artikel ini membawa manfaat dan bisa menjadi informasi tambahan para pemabaca topkoky atau yang suka makan nasi merah.

Ikuti terus topkoky dan dapatkan resep-resep terbaru dari topkoky dan informasi kuliner menarik lainnya yang wajib anda ketahui .
Fuad Hasyim
Fuad Hasyim Saya sebagai Chef yang suka Blogging dan Internet Media, saya akan berkenan menjawab semua pertanyaan seputar dunia kulineri di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Tips Memasak Nasi Merah Berdasar Pengalaman Pribadi"