Nasi Goreng, Inilah Daftar Bahan dan Bumbu Nasi Goreng yang Wajib Tahu

Nasi goreng adalah salah satu kuliner ter-favorit di Indonesia harganya yang terjangkau dan rasanya yang nikmat dengan perpaduan bahan dan bumbu khas masakan Indonesia, tahukah para pembaca topkoky? nasi goreng khas Indonesia adalah salah satu menu yang paling dicari oleh wisatawan asing setelah rendang.

Alasan mereka lebih menyukai nasi goreng Indonesia adalah bumbu yang dipakai yang membedakannya dengan nasi goreng ala masakan Cina, Jepang dan wilayah asia lainnya. keunikan inilah yang membuat para wisatawan asing selalu kangen dengan hidangan ini setelah mereka mencobanya.

Mungkin bagi semua orang Indonesia Pasti tahu bahan-bahan apa saja yang terdapat dalam nasi goreng, kali ini saya hanya ingin menambah wawasan anda tentang nasi goreng berdasarkan apa yang saya dapat dari pengalaman saya bekerja sebagai seorang koki.

Berikut inilah daftar bahan dan bumbu nasi goreng:

 1.Bahan Utama Nasi Goreng

a. Nasi

Daftar bahan dan bumbu nasi goreng


Nasi adalah sebagai bahan utama nasi goreng, gunakanlah beras pera sebagai bahan utama nasi goreng kalau anda tidak punya bisa diganti dengan beras pulen namun dengan mengurangi jumlah airnya saat memasak.

2. Bahan Tambahan Sebagai Isian / Condiment Nasi Goreng

a. Sumber Protein



Nasi goreng khas Indonesia pasti selalu ditambahkan dengan sumber protein hewani, bisa berupa daging ayam, sosis, telur atau bakso yang merupakan bahan umum yang sering dijadikan bahan isian pada nasi goreng spesial maupun nasi goreng jawa dan Nasi goreng ala Restoran.

b. Sayuran



Tak lengkap rasanya nasi goreng tanpa sayuran, selain sebagai sumber vitamin sayuran juga menambah rasa nasi goreng menjadi nikmat, sayuran yang biasa digunakan sebagai bahan isian yaitu sawi , daun bawang dan toge panjang.

3. Bahan Pelengkap Nasi Goreng 

a. Kerupuk



Kerupuk adalah bahan yang tidak boleh terlewatkan saat kita menyantap nasi goreng, rasanya yang gurih dan renyah semakin menambah selera makan tentunya.

b. Emping



Biasanya dijadikan bahan pelengkap pada nasi goreng kambing, emang paling cocok emping dijadikan pendamping untuk nasi goreng kambing namun bagi yang punya kolestrol tinggi jangan terlalu berlebihan memakan emping

c. Acar



Rasanya yang asam dan manis yang terdiri dari potongan timun, bawang merah dan wortel yang direndam dengan air cuka dan gula serta diberi sedikit garam, adalah bahan yang tak pernah terlewatkan pada hidangan nasi goreng.

4. Bumbu Dasar Nasi Goreng

Bumbu dasar nasi goreng adalah sumber bahan yang menjadikan menu ini menjadi nikmat, bahannya pun mudah dicari dan dibeli dipasar maupun tukang sayur sebelah rumah kita, berikut bahan-bahan bumbu nasi goreng yang digunakan oleh penjual nasi goreng pinggir jalan dan chef profesional.

a. Bawang Merah


Bawang merah merupakan bumbu wajib nasi goreng juga bisa dijadikan taburan nasi goreng dengan dijadikan sebagai bawang goreng.

b. Bawang Putih 



Selain bawang merah bawang putih juga adalah bahan wajib untuk dijadikan bumbu dasar nasi goreng namun dengan jumlah lebih sedikit dibandingkan dengan bawang merah.

c. Cabai



Selain pemberi rasa pedas cabe juga menjadikan nasi goreng menjadi lebih nikmat, biasanya jenis cabe yang sering digunakan yaitu cabe merah keriting dan cabe rawit.

5. Bahan Penyedap rasa

Selain bumbu dasar bahan penyedap adalah bahan yang sangat menentukan nikmat tidaknya sebuah nasi goreng, bagaimana mungkin nasi goreng bisa nikmat tanpa bahan penyedap??.

a. Garam



Garam adalah bahan pemberi rasa asin pada semua bahan makanan dan merupakan bahan penting untuk semua masakan.

b. Vetsin 


Bahan penyedap buatan yang memberikan rasa gurih pada makanan biasanya berbentuk butiran dan berbentuk block, vetsin sering digunakan dalam masakan Indonesia dan masakan ala Cina untuk masakan Western tidak menggunakan bahan ini.

c. Kecap Asin


Kecap asin juga merupakan bahan yang sering digunakan untuk menyedapkan nasi goreng

d. Saus Sedap Wangi / Kecap inggris


Hampir semua penjual nasi goreng jalanan menggunakan bahan ini, sebagai penyedap nasi goreng tapi ingat jangan terlalu banyak menggunakannya karna saus ini pungsinya memberi aroma pada nasi goreng.

e. Kecap Manis



Adalah bahan penyedap yang tak bisa tergantikan pada nasi goreng khas Indonesia selain pemberi rasa juga sebagai penambah rasa pada nasi goreng tentunya.

Bahan diatas adalah bahan umum yang sering digunakan untuk membuat nasi goreng, anda bisa menambahkan dengan bahan lain misal dengan menambahkan udang dan ikan sesuai dengan selara pembaca topkoky.

Semoga artikel ini memberi manfaat dan bisa dijadikan bahan acuan untuk mengenal lebih dalam kuliner unik khas Indonesia ini.



Fuad Hasyim
Fuad Hasyim Saya sebagai Chef yang suka Blogging dan Internet Media, saya akan berkenan menjawab semua pertanyaan seputar dunia kulineri di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Nasi Goreng, Inilah Daftar Bahan dan Bumbu Nasi Goreng yang Wajib Tahu"