Manfaat Buah Lemon Untuk Makanan

Lemon atau jeruk sitrus merupakan buah yang kaya dengan manfaat untuk kesehatan , mengandung banyak Vitamin C yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh kita kesehatannya tetap terjaga.

Selain bagus untuk kesehatan lemon juga mengandung banyak manfaat untuk ditambahkan pada setiap makanan, karena kurangnya pengetahuan seringkali orang tidak menyadari bahwa lemon bisa dipakai dan diolah keberbagai makanan mulai dari salad,soup main course,hingga sauce .
Dalam masakan western lemon merupakan bahan yang sangat penting dan harus ada pada setiap menu yang dibuat terutama salad.

Pilihlah buah lemon yang berkualitas baik atau yang masih fresh saat membeli dan penyimpanannya juga harus benar, sebaiknya setelah anda berbelanja dipasar cuci terlebih dahulu lemon lalu keringkan dan masukan kedalam kulkas, penyimpanan lemon dalam kulkas membuat buah lemon bisa bertahan sampai 1 minggu .

Manfaat Buah Lemon
Buah Lemon



Manfaat dan Kegunaan Lemon Untuk Makanan

  1. Buah lemon bisa digunakan untuk menghilangkan bau amis pada ikan, ayam dan bebek caranya lumuri ikan maupun daging bebek dengan perasan air lemon dan biarkan selama 1-2 jam didalam kulkas
  2. Buah lemon bisa digunakan sebagai bahan dasar dressing untuk berbagai macam salad caranya tambahkan perasan air jeruk lemon dengan minyak zaitun, lada dan garam kemudian aduk sampai rata dressing untuk salad sudah bisa digunakan mudah dan gak pake ribet
  3. Buah lemon biasanya ditambahkan keberbagai macam sauce misal: sweet and sour sauce, sauce mayonaise, lemon mustard sauce
  4. Kulit lemon bisa ditambahkan untuk kue dan masakan serta sauce untuk menambahkan cita rasa lemon yang menyegarkan caranya parut kulit terluar bagian lemon jangan sampai kebagian putihnya lalu tambahkan kedalam bahan kue dan sauce
  5. Buah lemon bisa ditambahkan dan dikereasikan untuk olahan minuman
  6. Buah lemon bisa ditambahkan untuk soup baik soup local maupun internasional misal; tom yum, sup asam pedas, hot and sour soup dan sebagainya
  7. Buah lemon bisa digunakan sebagai garnish untuk mempercantik penampilan makanan agar lebih menggugah selera
  8. Buah lemon bisa digunakan untuk menjaga warna buah tetap segar misal buah alpukat yang telah dibuka biasanya cepat hitam anda bisa menguranginya dengan cara menambahkan sedikit air lemon dengan menyiramkan kebagian alpukat yang telah dibuka
Selain Untuk Tambahan Makanan Lemon Juga Memiliki Manfaat Untuk Kesehatan

1. Mencegah Dari Kanker

Kanker adalah penyakit paling mematikan saat ini selain susah diobati kanker juga sangat mahal pengobatannya dalam proses pengobatannya juga memiliki dampak negatif bagi pasien pengidap kanker oleh karena itu pasien kanker bukan hanya butuh pengobatan tapi juga dibutuhkan suffort dan moril dari keluarga dan sahabat terdekat.

Mencegah lebih baik daripada mengobati dengan pola hidup sehat dan rutin olahraga dapat mencegah kita dari berbagai penyakit selain itu kita juga harus mengkonsumsi bahan alami seperti lemon yang kaya akan manfaat. 

Dalam kulit lemon terdapat unsur flavonoid & salvestrol Q40 yang berguna melawan sel kanker yang menjadi momok menakutkan bagi kaum hawa seperti kanker payudara.

2. Bagus Untuk Pembersih Kulit Wajah

Cara alami itu lebih sehat dan tidak memiliki dampak negatif bagi kita , kita ini sering termakan iklan akhirnya kita menjadi korban iklan karna apa yang dipromosikan terkadang bertolak belakang dengan kenyataan .

Dalam membersihkan wajah bagi wanita adalah nomer satu sering kita jumpai banyak sekali kaum hawa bergonta-ganti merek dari yang murah sampai yang mahal untuk mendapatkan kulit yang cerah kadang mereka mengabaikan dampak buruknya.

Cara yang paling aman membersihkan kulit wajah adalah dengan menggunakan jeruk lemon karna dalam lemon terkandung asam sitrat dan vitamin C yang dapat membantu membersihkan dan mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah.

Cara membersihkan wajah dengan lemon adalah peras air lemon tempatkan diwadah kemudian usapkan keseluruh wajah kecuali bibir gosok perlahan dengan tangan  kesekitar kulit wajah selama 5 menit kemudian bilas dengan air bersih, pada saat menggosokan lemon kewajah sebaiknya anda memejamkan untuk menghindari air lemon masuk kedalam mata .

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam berbagai penelitian kandungan vitamin C dalam buah lemon berkhasiat menurunkan risiko penyakit jantung dan sroke , oleh karna itu kita harus rajin minum air lemon atau dengan menambahkannya kedalam air putih maupun menambahkan kemakanan yang kita olah.

Ternyata lemon banyak manfaatnya selain sebagai bahan untuk masakan lemon juga memiliki khasiat yang tidak boleh dipandang sebelah mata.

Demikian manfaat dan kegunaan buah lemon untuk makanan & kesehatan semoga bermanfaat bagi para pembaca topkoky . Bagi yang punya info lebih tentang manfaat buah lemon untuk makanan silahkan isi kolom komentar topkoky.
loading...
Fuad Hasyim
Fuad Hasyim Saya sebagai Chef yang suka Blogging dan Internet Media, saya akan berkenan menjawab semua pertanyaan seputar dunia kulineri di kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Lemon Untuk Makanan"